KONEKSI ANTAR MATERI – Modul 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Pada kesempatan ini akan saya sampaikan pembelajaran sebagai refleksi Koneksi antar Materi pada pembelajaran modul 1.1 hingga 1.2 berikut adalah hal hal yang menjadi pembelajaran bagi saya. Pada kesempatan ini akan saya jabarkan dengan model refleksi model 4P (Peristiwa,Perasaan,Pembelajaran dan Penerapan)
PERISTIWA
Pada saat mulai mempelajari modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara, saya mulai meng-ingat kembali sewaktu SD. Pada saat saya SD sering menuliskan kalimat ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI pada kertas karton sebagai tugas kerajinan tangan yang diberikan oleh guru.
PEMBELAJARAN
Sebelum mempelajari modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak saya menganggap bahwa setiap murid memiliki kewajiban yang sama, yaitu mampu menguasai materi pelajaran yang saya sampaikan dan tidak peduli mereka suka atau tidak suka. Dalam pembelajaran dituntut oleh capaian kurikulum sehingga tidak tercipta pembelajaran yang menyenangkan, dan terkesan monoton. Setelah mempelajari pemikiran KHD berkaitan dengan menghamba kepada peserta didik. Pada penerapan pembelajaran yang berpihak dan berpusat pada murid sesuai pemikiran KHD dalam kegiatan pembelajaran saya di sekolah adalah melakukan model pembelajaran yang mengakomodasi pada gaya belajar peserta didik. Kaitan antara modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bahwa menurut KHD peran seorang guru dalam mendidik anak didik adalah menuntun dan mengarahkan sesuai dengan kodrat nya, guru ibarat petani yang hanya memberi pupuk, memberi pengairan yang baik membasmi dan mencegah agara tidak terkena hama.
PERASAAN
Membentuk siswa menjadi apa sesuai keinginan kita dan kita paksakan untuk terus berlatih dan belajar sesuai kehendak guru adalah sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan oleh guru. Setelah mempelajari modul ini saya menyadari bahwa peran guru sesungguhnya adalah “menuntun” murid-murid untuk dapat menggali potensi yang ada pada dirinya sehingga murid-murid mampu menemukan bakat minat yang di miliki. Prestasi siswa bukan hanya meraih peringkat kelas atau rengking lebih dari itu prestasi adalah mampu melakukan apa yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.
PENERAPAN KEDEPAN
1.Untuk pengembangan diri, saya akan mengikuti program Up-Skilling maupun Re-Skilling yang di adakan oleh pemerintah dan Industri melalui Direktorat Jendral Vokasi. Selain itu saya juga akan mengikuti kegiatan- kegiatan yang dapat menambah wawasan dan keterampilan saya sebagai pendidik yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta, maupun komunitas, serta belajar secara mandiri.
2. Aktif mengikuti kegiatan MGMP sebagai wadah guru mata pelajaran untuk sharing pengalaman serta meningkatkan kompetensi diri Bersama guru-guru lain.
3. Selalu merefleksikan setiap kegiatan Pembelajaran sehingga mendapat umpan balik tentang pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan, baik dari murid maupun dari teman sejawat.
4. Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain dalam rangka mengembangkan materi pembelajaran untuk dapat menggali bakat minat yang dimiliki murid.
5. Membuat metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dan pembelajaran yang berpusat pada murid
Komentar
Posting Komentar